Merawat Reptil

Kamis, 11 Maret 2010

OBAT-OBATAN Untuk Reptil Anda










Tapi perlu diingat, obat2an ini cuma saran dan ga ngejamin langsung sembuh.. khusus untuk antibiotik, tolong diperhatikan pemakaian yang rutin, karena kalau ngga, bakteri /virus bisa jadi malah tambah kebal.

Jangan coba2 menyuntik ular/reptil kalau bro/sis tidak berpengalaman untuk itu, lebih baik dilanjutkan ke dokter hewan yang berpengalaman menghandle reptil


Teramycin cair (botol 50mg)

Kegunaan : MouthRot (Sariawan), Respiratory Infection (Infeksi Pernafasan)
Dosis : Belum Jelas (Selama ini hanya kira-kira tergantung ukuran reptil)
Frekuensi : 1-2 kali sehari
Cara Pemakaian : Teramycin diteteskan ke bagian yang luka sariawan dengan menggunakan jarum suntik insulin (ukuran 1 mg).


Bubuk PK

Kegunaan : Cacar
Dosis : Tergantung ukuran reptil
Frekuensi : 1 kali sehari (pada saat reptil dimandikan)
Cara Pemakaian : Bubuk PK diusapkan pada bagian cacar, didiamkan sebentar, kemudian dibilas dengan air sampai bersih. (Jangan sampai dimakan oleh Reptil anda).

PK juga membantu buat reptil yang mengalami keluarnya organ dalam melalui kloaka ( prolaps ) .yg kaya ambeien itu lho…abis dimasukkan beri larutan bubuk PK untuk membantu mengerutkan organ tsb…pake cotton butt dibasahi pake larutan pk ( kloa ga ada biasanya aku oake cootoon butt aja diberi air ) , dorong masuk oleskan lagi larutan pknya disekitar kloakanya…..kalo takut untuk mendorong dan mau pergi ke vet, supaya organ ga rusak atau mati rendam dengan air gula.


Air Daun Sirih

Kegunaan : Mengatasi Kutu
Frekuensi : 1 kali sehari (pada saat reptil dimandikan)
Cara Pemakaian : Reptil direndam dalam Air Daun Sirih, kira kira selama 10-15 menit atau lebih. Kemudian Reptil dilap dan dijemur selama 10-15 menit.


Betadine Cair

Kegunaan : Mengatasi infeksi akibat Luka (sobek dan sejenisnya).
Frekuensi : sama seperti manusia
Cara Pemakaian : Luka dibersihkan dengan cairan Betadine.


Genoint (atau sejenis yang mengandung Gentamicin Sulfat)

Kegunaan : Untuk luka bakar pada reptil (kulit melepuh)
Frekuensi : 3 kali sehari
Cara Pemakaian : Oleskan salep genoint pada bagian kulit yang luka / melepuh


Neosporin

Kegunaan : Mengobati Luka (sobek dan sejenisnya)
Frekuensi : 3x sehari sampai sembuh
Cara Pemakaian : Luka dibersihkan dahulu, kemudian luka dioleskan dengan krim Neosporin.


Vitamin D3 (Repcal dan sejenisnya)

Kegunaan : Suplemen Kalsium
Frekuensi : Tergantung frekuensi lama jemurnya reptil kita, semakin lama dijemur, makan semakin sedikit dosisnya
Cara Pemakaian : Tabur dan Oleskan bubuk kalsium D3 pada diet (makanan) reptil kesayangan kita.


Minyak Ikan

Kegunaan : Merangsang Nafsu Makan
Frekuensi : Tergantung, Pemberian jangan dilakukan bila selama ini makan reptil kita lancar-lancar saja (entar malah mogok makan lagi)
Cara Pemakaian : Selama ini saya sih, pake jarum insulin, Cairan minyak ikan disedot, kemudian ditetesin ke mulutnya


Flagyl (Botol 60 mg)

Kegunaan : Anti Bacterial
Dosis : Belum Jelas (Selama ini hanya kira-kira tergantung ukuran reptil)
Frekuensi : -
Cara Pemakaian : biasanya campur di tempat minum, kadang juga bisa disuapin langsung, karena berbentuk cairan kental seperti syrup.


Panacur

Kegunaan : Obat Cacing
Dosis : Belum Jelas (Selama ini hanya kira-kira tergantung ukuran reptil)
Frekuensi : -
Cara Pemakaian : Tetes langsung, campur ke tempat minum


Baytril 5%

Kegunaan : untuk pengobatan dan pencegahan penyakit infeksi yang disebabkan oleh bakteri gram positif dan negatif serta mycoplasma
Dosis : dicampur air 1ml Baytril per 1 liter air


Nutrimoist (CNI product)

kegunaan : untuk mengobati sariawan pada ular dan kadal, cara pemakaian dioleskan 2 kali sehari.
kelebihan tidak perih dan tidak berbahaya bila tertelan


Listerine:

untuk membersihkan kerak pada ular yang sariawan.
cara pemakaian: campur dng air dng perbandingan listerine : air = 1:2, gunakan cotton bud, bersihkan di seputaran gusi dan gigi ular, lakukan rutin, kalau bisa sehari 2x.


Amoxylin

kegunaan : untuk mengobati gangguan kulit pada kodok
cara pemakaian, kapsul amoxylin dibagi 4 , dimasukkan ke jangkrik yang sudah digunting perutnya, lalu diberikan pada kodok.
Pada ular, dipakai untuk mengobati pilek dan sariawan dari dalam.
cara pemakaian, isi kapsul dicampur air dan disuntikkan ke tiput, atau boleh dioleskan pada sariawan langsung.











Bactrim

antibakteri kombinasi untuk pengobatan infeksi pencernaan pada ular.
unsur dasar Sulfamethoxazole yang mencegah pertumbuhan bakteri di dalam tubuh.
kegunaan : pengobatan pertama apabila ular terus muntah tiap kali makan. bisa juga dipakai untuk iguana yang tiba2 menjadi lesu, pup cair dan bau.
cara pemakaian : minumkan langsung , dosis berdasarkan berat tubuh .


Benoson-G (Betamethasone 1mg & Gentamicin 1 mg)

Kegunaan : Untuk luka bakar pada reptil (kulit melepuh), sisik melepuh atau berisi air
Frekuensi : 3 kali sehari
Cara Pemakaian : Oleskan salep Benoson-G pada bagian kulit yang luka / melepuh.
Tersedia di: Apotik
Himbauan: Sebaiknya gunakan sarung tangan karet pada saat mengobati/menangani reptile yang sedang sakit. Jangan lupa cuci tangan dengan sabun (sebaiknya sabun yang berbahan antiseptik) untuk mengurangi penularan ke reptile yang lain atau bahkan ke manusia.


Sumber : Reptilx.com

7 komentar:

baw09 12 Maret 2010 10.20  

mu tnya nih, saya pnya python molurus umur 1-2 bln dgn panjang 90cm kurng lbh sudah 1 minggung ini terkena flu, kluar lendir dr hidung dn mulut'a ya kya ingus gtu. . .obat'a apa ya?? dan dosis'a gmna?? taw pnya tips penyembuhan'a ga??
mhon bntuan'a ya. . .thanks,

agha 13 Maret 2010 08.30  

waw,, dari mana tuw ular nya?? biasa si aku rendem di air gitu seharian ,tapi air nya sedikit aja (kira-kira setengah badannya)atw satu setengah centi an tinggi airnya (pokoknya sedikit! mudah-mudah an mau makan aza tuw ular na...

kseptix 26 Mei 2017 08.34  

artikel menarik..tapi setahu sya antibotik harus di gunakan sesuai dosis yg tepat sesuai kebutuhan dan kondisi hewa agar tidak terjadi overdosis serta jangka panjang resisten bakteri..tetap semangat berbagi ilmu seputar reptil.
jika berkenan silahkan berkunjung ke blog saya yg juga membahas masalah reptil
hobireptil.blogspot.com

Posting Komentar

Click to Save the Rainforest

Save the Rainforest

Click to Stop Global Warming

Stop Global Warming

This site sponsored

EasyHits4U.com - Your Free Traffic Exchange - 1:1 Exchange Ratio, 5-Tier Referral Program. FREE Advertising!

  © Blogger template Brownium by Ourblogtemplates.com 2009

Back to TOP