Sumatran Blood Python

Jumat, 23 Januari 2009


Sumatran Blood Python


Nih Ular asli Sumatra yang dikenal dengan nama Dipong,,, perawatannya harus sedikit ekstra karena butuh sedikit kelembaban,,

Media yg di gunakan untuk perawatan dalam kandang adalah mos (spagnum moss) biasa di gunakan pada tanaman anggrek, carannya cukup dibasahi (cuci dulu lho, karna kadang kalau kita beli yg karungan masih kotor banyak tanah2nya,,) jadi harus sering-sering dicuci ya kalo gak tar kotorannya pada di mos dan kalo kelamaan bisa jamuran lahh,, kalo jamuran malah bikin penyakit.

Selain jamuran Dipong juga bisa stres, stres dari cara perawatan atau lainnya, Dipong juga bisa flu, dan kadang bisa ngak makan (tergantung mud ularnnya),





Nama-nama Latin lainnya: Python Curtus Brongersmai, Python Curtus Curtus, Python Curtus Breitensteini



,,,semuanya dapat dibedakan melalui guratan-guratan garis pada kepala (yg gue tau) ada juga berdasarkan asal tempatnya,,,
tak hanya di Sumatra tapi Dipong ada juga di Kalimantan, Semenanjung Malaysia, sumatra bagian timur dan sumatra bagian tengah (dibatasi pegunungan), pulau bangka, pulau2 di selat malaka, termasuk kepulauan lingga, kepulauan riau dan pinang.

ini salah satu gambar Dipong kalimantan (borneo)














Dipong melahirkan anak-anaknya dengan cara bertelur (selusin lhoo,)




Ini adalah contoh gambar-gambar Dipong yang gue dapet di situs2 (dari mbah Google) gambar Dipong yang sedang mengerami telur-telurnya,,, dan piaraan orang bule yang sedang menetas,,, wahh-wahhh,,, lutuna...hehe

Jadi untuk para hobbiiss di Indonesia harus sama-sama mengembangkan Dipong juga ..karena Dipong juga salah satu Reptil Endemik Indonesia (hayo semangat) masak cuma Retik-retik aza yang kebanyakan di breeding...
gue tau siiihhh... pasti masih banyak kendala untuk Dipong, mulai dari suhu yang harus benar-benar pas tenan,,,

Hayo majuu terus Dipong di alam liar!!!

6 komentar:

Anonim,  7 Maret 2010 05.17  

saya baru beli dipong ukuran 50cm. sekarang ini dia gak mau makan dan kalau dilihat dari warna kulitnya dia mau ganti kulit. trus apa yang harus saya lakukan? apakah tetap membiaran dia gak makan. dan tetap diberi air agar lembab diandangnya? thanks.

agha 7 Maret 2010 23.14  

kalo mau ganti kulit biasanya memang puasa dulu tuh ular di alam liar, kalo udah ganti kulit baru biasanya dia cari makan, untuk kasus piaraan biasanya di diemin aja sampe shading atau ganti kulit,biarin aja lembab kandangnya(paling gak agak2 lembab dari pada kering total) mudah2an mau makan aja dehh,,,oche

melina 3 Juni 2011 03.19  

ular dipong saya(umur 1 bln) jg blm mau makan2 nih,,blm pup jg(dihitung dr saya beli-sekarang/2 minggunan).saya kasih mencit,eh malah cm dijilat doank,trs pergi tuh ular q.
knpa ya?

hmm,utk kandang,agar sll lembab di kasih apa?soalnya kandang ular saya cm saya ksih koran+kolam minum.

makasih

Agha 1 Juli 2011 06.59  

dear melina... maaf baru komen..hehe
kalo masiih bebi banget gitu mending jangan di pegang2.. biarin galak dulu.. biar makan lancar (biasa lancar lah makannya baru boleh di handle pelan2) untuk kandang gak papa asal ada air minum... kalo ada spagnum moss (mos media buat angrek) lebih baguslah..asal tempatnya agak gede.. segitu aja yg saya tau..hmm

Anonim,  23 Oktober 2011 20.05  

saya punya dipong umur 4 bulan kira2 umurnya 4 blanan gan, la nih aku binggung disana sejak kecil makanya dengan mencit, kalau disini kagak ada mencit, tuhgimana cara ganti pakanya, atau aku langsung kassiin burung gereja aja gan, gimana menurut agan2 yang lebih pengalaman...!!!!

ib 11 Maret 2012 21.23  

waduh udah lama sekali ni baru bisa kebales,,maaf..
jangan2 ularnya udah tiada..hehe.. kasi apaan aja asal dimakan trus dirutinin gak papa asal hati2 kalo kasi kodok liar biasanya dikulit kodok sudah di beri cairan2/disinfektan atau obat2an (dari petani yg menjaga sawahnya)yg bisa mengganggu pencernaan ular yg bisa menyebabkan kematian pada ular kesayangan. burung kecil gak papa kok, kepala ayam aja lehernya(utuh/dipotong2)

Posting Komentar

Click to Save the Rainforest

Save the Rainforest

Click to Stop Global Warming

Stop Global Warming

This site sponsored

EasyHits4U.com - Your Free Traffic Exchange - 1:1 Exchange Ratio, 5-Tier Referral Program. FREE Advertising!

  © Blogger template Brownium by Ourblogtemplates.com 2009

Back to TOP