Reticulated Python

Kamis, 28 Januari 2010

Perkenalkan ini Lolita ular jenis Sanca batik (Retik) atau dalam bahasa latinnya Reticulated Python asal Jawa tulen, hobinya makan & tidur, ular jenis ini biasanya tahan banting alias tahan dalam segala cuaca dan kondisi (asal jangan EKSTRIM!!),

makanannya bisa kodok, atau unggas (seperti ayam dan bebek) juga yang paling disukai yaitu pengerat (seperti tikus dan kelinci). Ular jenis ini panjangnya bisa lebih dari 9 meter makanya sanca batik atau retic culated python dinyatakan ular terpanjang di dunia!! ..Retik terhitung ular yang terbesar dan terpanjang di dunia.
sudah masuk The Guinnes Book of World Records pada tahun 1991 mencatat Retic sepanjang 32 kaki 9.5 inci (sekitar 10 meter) sebagai ular yang terpanjang. beda dengan Anaconda yang tercatat sebagai ular terbesar, kalo sanca batik (retik) yang terpanjang didunia.
Namun yang umum dijumpai adalah ular-ular yang berukuran 5-8 meter. Sedangkan berat maksimal yang tercatat adalah 158 kg (347.6 lbs). Ular sanca batik ini termasuk ular yang berumur panjang, umurnya bisa hingga lebih dari 25 tahun.
Retik mudah dikenali karena umumnya bertubuh besar, Ular ini lebih senang menunggu daripada aktif berburu, mungkin karena ukuran tubuhnya yang besar dapat menghabiskan banyak energi bila terlalu aktif.


Mangsa dilumpuhkan dengan melilitnya kuat-kuat (constricting) hingga mati kehabisan nafas. mematahkan Beberapa tulang mangsannya. Kemudian setelah mati mangsa ditelan bulat-bulat mulai dari kepalanya. (mantep kan!)

,,,Setelah makan, terutama setelah menelan mangsa yang besar, ular ini akan berpuasa beberapa hari hingga beberapa bulan hingga ia lapar lagi.

Kalo Ular peliharaan seperti Lolita biasanya sehabis makan tidak terlalu lama di buat main (dipegang), dan kalo udah buang kotoran baru di kasih makan lagi.

Selain karena sering di bunuh untuk diambil kulitnya reptil ini juga dijadikan perdagangan, kehidupan liar sanca batik di habitatnya telah terancam. sanca batik masuk dalam Apendiks II dalam kategori satwa dilindungi negara.

3 komentar:

tyas 23 Februari 2010 04.38  

heeeh.... Itu kan Lolitakyuuu......

agha 1 Maret 2010 08.31  

yoa,, itu khan lolita yg dari kecil ithu lhoo,,,

ronny ghetz 27 Februari 2013 10.10  

permisi boss.. ane cuman mw nanyak neh.. kebetulan tadi malem ane nangkep baby ular.. kayaknya sih ular sanca kembang.. tapi ane kagak tau jenis dan asalnya dri mana.. mohon bantuannya boss.. ni gambarnya

http://m1353.photobucket.com/albumview/albums/ronnyghetz/Screenshot_2013-02-27-22-10-03_zps544e8a9e.png.html?o=0&newest=1

terima kasih..

Posting Komentar

Click to Save the Rainforest

Save the Rainforest

Click to Stop Global Warming

Stop Global Warming

This site sponsored

EasyHits4U.com - Your Free Traffic Exchange - 1:1 Exchange Ratio, 5-Tier Referral Program. FREE Advertising!

  © Blogger template Brownium by Ourblogtemplates.com 2009

Back to TOP