Varanus

Jumat, 30 April 2010

Varanus Bitatawa yang terancam punah

Varanus Bitatawa, namanya kurang akrab di telinga kita, Spesies varanus atau biawak yang baru terdokumentasi resmi di the Royal Society Biology Letters. Biawak besar yang hidup di hutan Sierra Madre di Luzon Island di utara Filipina ini, Banyak diburu oleh warga lokal filipina untuk dimakan. karena katanya kandungan protein yang baik, dan rasanya seperti daging ayam, padahal banyak orang di seluruh dunia yg tertarik dengan keberadaan spesies biawak ini.

Filipina memang terkenal memiliki keragaman spesies biawak, namun jenis Varanus Bitatawa baru sekarang ini muncul ke permukaan. Hutan Filipina yang belum banyak terjamah tangan manusia menyimpan misteri keberagaman spesies reptil di dalamnya, karena ulah manusia yg menebang pohon yang akhirnya mengurangi tempat hidup dari spesies ini, mau tidak mau spesies yang ada didalamnya mulai terekspos. Jenis Varanus Bitatawa ini cenderung menetap di hutan Sierra Madre, dan jarang terekspos manusia.

Yang Menarik, Spesies varanus Bitatawa memiliki Kebiasaan unik, Varanus Bitatawa memiliki kerabat dekat dengan Varanus Olivaceus yang juga dari Filipina. ditandai dengan kebiasaannya memakan buah walaupun mereka tetap mau memakan serangga dan mamalia lainnya. Apa jadinya bila Varanus olivaceus dan Varanus Bitatawa di silangkan, mungkin akan menjadi spesies baru yang sangat menarik..


karena jumlahnya yg di perkirakan sangat sedikit di alamnya, kini usaha untuk melestarikan Spesies ini di Filipina tengah digalakkan. ada yang tertarik untuk melestarikannya di rumah Anda? hehehe



Sumber : ReptilX.com

3 komentar:

ib 22 November 2010 21.53  

thanks "bro" n "sis".
berkat reptilx ni, heheh

Posting Komentar

Click to Save the Rainforest

Save the Rainforest

Click to Stop Global Warming

Stop Global Warming

This site sponsored

EasyHits4U.com - Your Free Traffic Exchange - 1:1 Exchange Ratio, 5-Tier Referral Program. FREE Advertising!

  © Blogger template Brownium by Ourblogtemplates.com 2009

Back to TOP