Biawak Rote

Rabu, 20 Oktober 2010

Blue Spot Timor Monitors (Varanus timorensis)/
(Varanus auffenbergi)


ini ni biawak kecil nan imut, Asalnya dari kepulauan (Pulau Roti) dekat Timor, panjangnya hanya sekitar 60 cm. biawak ini bertelur, biasanya 4 sampai 6 telur. dengan suhu inkubasi sekitar 29 ° C, dan bayi menetas setelah 119-154 hari. Panjang total rata-rata biawak muda adalah 15,8 cm, dan berat tubuhnya rata-rata adalah sekitar 4,4 g.


Namanya Tora (Toray), Biawak yang tempramennya bagus, jinak sekali, mau makan, warnanya nan indah, dan ukurannya yang mungil jadi ciri khas biawak rote gue, dengan kandang yang agak gede dari taperware yang sudah di modif, dengan banyak bolongan-bolongan (menggunakan solderan) untuk ventilasi udara di sampingnya, di tutup atasnya juga di potong dan di buat dengan menggunakan kawat ukuran kecil, di baut yang rapi, didalamnya untuk setingan kandang cukup di beri bebatuan dan kayu-kayu kecil, serta air untuk berendem. makannya jangkrik dan pingkies (bayi tikus).

Kebiasaanya suka berlari sangat kencang dan langsung bersembunyi, haha sungguh lucu... kalau sering di handle atau di pegang dan di beri perhatian lebih jadi penurut lho...dia tau kapan waktunya makan, jadi langsung aja di tuang jangkriknya dan langsung dikejar-kejar,,mantab.


Bayi diberi makan dengan jangkrik kecil-kecil, yang ditaburi dengan vitamin / suplemen mineral.
sangat sulit untuk melihat perbedaan antara V. auffenbergi dan timorensis V..pengamatan lebih lanjut yang belum pernah dipublikasikan.

3 komentar:

Anonim,  11 Mei 2012 11.38  

punya ane masi ukuran 30cm jumpy abis bro...gimana caranya paling "reptiliawi" buat bikin anteng ya? klo diceburin aer trus ditunggu capek kasian, trus klo mau handle biasa ya kabur2an mulu hhe

Anonim,  28 Desember 2012 00.10  

Bukannya V.timorensis itu grey spotted monitor ?
Dan penyebaran Timorensis dan Auffenbergi itu berbeda ?

Anonim,  28 Desember 2012 00.12  

Memang tabiat/karakter Dwarf monitor itu jumpy dan lincah .
Klo untuk anteng sekedar handling bsa namun memakan waktu yg cukup lama .

Posting Komentar

Click to Save the Rainforest

Save the Rainforest

Click to Stop Global Warming

Stop Global Warming

This site sponsored

EasyHits4U.com - Your Free Traffic Exchange - 1:1 Exchange Ratio, 5-Tier Referral Program. FREE Advertising!

  © Blogger template Brownium by Ourblogtemplates.com 2009

Back to TOP